Friday 17 April 2015

Membuat Brownies Panggang Dengan Magic Com

Jadi ide ini bermula saat di rumah kehabisan gas. Dalam saat normal, Rinkart akan memasak masakan rumahan seperti ibu-ibu rumah tangga pada umumnya. Namun berhubung nggak ada yang bisa dimasak, selain karena gas habis, Rinkart lagi males belanja, akhirnya imajinasi liar Rinkart bekerja.
Di dapur, ada sebungkus tepung terigu tergeletak, cokelat batangan bekas bikin bola-bola coklat pun teronggok tak berdaya, mentega yang melambai-lambai ingin disentuh,  dan sebutir telur yang menangis karena tidak dipecahkan juga (duh, apa sih ini).
Rinkartpun berpikir untuk membuat cake.
Aha!
Ide yang sangat bagus, namun sayang Rinkart lupa kalo di rumah nggak punya oven (nangis guling-guling). Untungnya, waktu googling, Rinkart baru tahu kalo ada banyak orang di luaran sana yang begitu kreatifnya membuat cake dengan menggunakan magic jar atau magic com. Waahh, bisa ditiru!
Akhirnya, Rinkart coba padu padankan beberapa resep yang ada menjadi satu kesatuan, yang awalnya Rinkart sendiri nggak tahu bakal jadinya kayak gimana. Beginilah kira-kira resepnya :
150gr tepung terigu
150gr gula pasir (bagusnya sih gula halus yee, tapi di rumah adanya ini)
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt garam
150gr mentega
1 butir telur
1 kotak kecil cokelat batangan
susu kental manis secukupnya
keju parut secukupnya

Cara membuat :
1. Cairkan mentega menggunakan magic com (berhubung ini adanya cuma magic com, jadi semua langkah dilakukan dengan satu alat yang sama :D), langsung dicampur dengan cokelat batangan. Jadi mentega dan cokelat lumer jadi satu. Biarkan sampai meleleh sempurna, dan diamkan sampai dingin.
2. Campur tepung terigu, gula, garam, soda kue, aduk sampai rata.
3. Kocok telur sampai berbusa seperti di gambar (ini  cuma pakai garpu, jadi agak pegel-pegel gimana :D)
4. Masukkan kocokan telur sedikit demi sedikit ke adonan tepung sambil diaduk rata. Kemudian masukkan campuran mentega dan cokelat yang sudah dingin tadi.
5. Tambahkan susu kental manis secukupnya. Jika suka yang manis banget, bisa ditambahkan banyak. Tapi kalau menghindari makanan yang terlalu manis, dikit aja. Nanti makannya bisa sambil ngeliatin foto Rinkart, manisnya tanpa pemanis buatan soalnya. :D
6. Jika sudah tercampur semua, dibanting-banting sampai semua adonan menjadi satu tak terpisahkan bagai romeo dan juliet.
7. Masukkan ke magic com dan tekan tombol cook. Jika kembali ke warm, diamkan beberapa saat, lalu tekan cook lagi. Lakukan berulang kali dengan sabar sampai adonan matang. Caranya, tusuk-tusuk tuh adonan, kalo nggak ada yang nempel, berarti udah mateng.
8. Setelah matang, bisa langsung dipindahkan ke piring saji dengan cara dibalikkan. Kemudian, sentuhan terakhir, kasih parutan keju di permukaannya.
Dan jadilah penampakan seperti berikut ini... taraaaa....
Dan rasanya nyoklat banget! Diluar perkiraan, teksturnya nyaris sama dengan brownies panggang , secara Rinkart nggak berniat bikin itu. :D
Memang kalo diliat, takaran yang Rinkart pakai dikit banget, maklum bahan-bahan yang tersedia sangat terbatas. Setelah brownies jadi, cukup untuk sekali makan, dapat empat potong besar.
Oke, sampai disini dulu aktifitas masak-memasak absurd yang dilakukan Rinkart. Boleh dicoba buat mereka yang pemula, nggak punya oven, nggak punya kerjaan, nggak punya masa depan (duh) dan yang punya bahan seadanya di rumah. Makanlah dengan bijak yaa... Tetap senang, tetap sehat, tetap semangat. Happy cooking, happy kuliner all!








No comments:

Post a Comment